Kamis, 22 April 2010

uts e-commerce « FAZRYANA

Artikel berikut menyajikan informasi paling terakhir pada lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010. Jika Anda memiliki minat khusus dalam lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010, maka artikel informatif ini diperlukan membaca.
UJIAN TENGAH SEMESTER(UTS) E-COMMERCE

NAMA : FAZRYANA

NIM : 0710220028

1.Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management!

    E-commerce dapat mempersingkat supply chain. Hal ini disebabkan karena penjual atau produsen dapat langsung berinteraksi dengan pembelinya dari seluruh belahan dunia, sehingga bisa memangkas saluran distribusi dan menekan harga suatu produk. Dengane-commerce perusahaan kini dengan mudah dapat berhubungan dengan banyak pihak tanpa harus bepergian sama sekali dan sangat mengehemamt waktu.

    Setiap orang yang memiliki akses ke internet dapat mengambil bagian dalam model bisnis ini, misalnya dengan melakukan browsing di internet untuk mencari informasi mengenai produk, produsen, dan harga, men-down load perangkat lunak atau data tertentu, mengirim e-mail kepada produsen, melakukan chatting dengan konsumen lain, melakukan transaksi pembayaran dengan aneka fasilitas (seperti kartu kredit, smart card, internet interface maupun automatic ordering), dan sebagainya. Itulah mengapa dengan e-commerce, supply chain menjadi lebih praktis dan singkat.

    Namun selain terdapat kelebihan, penggunaan e-commerce dalam hubungannya dengan SCM ini pun juga memiliki keterbatasan yaitu ketepatan waktu dalam pengiriman barang, jangkauan daerah pengiriman barang, juga pengiriman barang masih ditakutkan dapat hilang di jalan

    2. Jelaskan bagaimana E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan!

      • E-commerce dapat mengurangi siklus waktu
      Pada kenyataannya memang E-commerce dapat mengurangi siklus waktu, siklus waktu yang dimaksudkan dapat dimulai dari waktu pemesanan hingga pengiriman produk. Sistem pemesanan yang elektronis memungkinkan pemrosesan produk dapat lebih cepat dan akurat. Selain itu E-commerce juga dapat memangkas siklus waktu karena penjual dan pembeli tidak perlu bertemu langsung dan transaksi dapat dilakukan saat itu juga walaupun di perjanjian transaksi dilakukan antar negara. . Jika transaksi telah dilakukan, maka perusahaan akan mengirimkan barang pesanan melalui jasa pelanggan. Apabila dari sisi perusahaan, e-commerce dapat mengurangi siklus waktu dimana perusahaan dapat melakukan penjualan yang mudah diakses dari mana saja, kapan saja, dan siapa saja. Sehingga dari pengurangan siklus waktu yang diciptakan dari penggunaan e-commerce juga akan berdampak pada pengurangan biaya pemasaran yang akan menguntungkan pihak perusahaan.

      • E-commerce meningkatkan kinerja karyawan
      Dalam E-commerce, karyawan dituntut untuk dapat menggunakan teknologi informasi. Dalam teknologi informasi ini membantu tingkat pelayan kepada konsumen. Dengan itu kinerja karyawan dapat dimaksimalkan, karena dengan fasilitas internet segalanya menjadi semakin mudah. Yang dulunya kinerjanya lebih banyak habis pada proses pertemuan antara penjual dan pembeli kini dengan menggunakan teknologi Internet dengan waktu singkat saja bisa melakukan transaksi tidak pada satu objek saja.

      • E-commerce memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan
      Memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan karena teknologi E-commerce ini dapat menyediakan segala macam yang dibutuhkan konsumennya, baik menyediakan layanan jasa maupun produk. Pada penerapannya kepada pelanggan E-commerce berbasis kepercercayaan. Dengan adanya pelayanan e-commerce, pelanggan akan dimudahkan untuk mengakses seluruh informasi yang up date dan terus menerus. Pelayanan yang cepat, mudah, aman, dan akurat juga menjadikan e-commerce dapat memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan.

      3. Bandingkan antara œmarketplaces dengan œmarketspaces. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!

        Marketplaces adalah tempat bertemunya para pembeli dan penjual untuk melakukan pertukaran secara fisik akan barang dan jasa dengan uang secara langsung. Kelebihan dari Marketplaces adalah pembeli dan penjual bertemu secara langsung dan lebih menjamin keamanan dalam bertransaksi. Kekurangannya adalah tidak adanya fleksibilitas karena harus bertemu di tempat yang sama untuk bertransaksi.

        Marketspaces adalah tempat bertemunya para pembeli dan penjual untuk melakukan pertukaran barang dan jasa melalui media elektronik, dimana media yang bisa digunakan adalah media internet. Kelebihan dari Marketspaces adalah transaksi dapat lebih cepat dan mudah dilakukan dimana saja selama ada jaringan internet, adanya fleksibilitas, tersedianya informasi yang lengkap. Kekurangannya adalah adanya risiko yang besar akan terjadinya tindak kejahatan penipuan dan pembajakan serta adanya keterbatasan jaringan internet di wilayah terpencil.

        Perbandingan antara marketplaces dan marketspaces adalah dimana pada marketplaces menekankan pada adanya interaksi secara fisik pada suatu transaksi. Sedangkan marketspaces merupakan sebuah pasar, akan tetapi tidak terjadi interaksi secara fisik tetapi malalui dunia maya (internet).

        • Keunggulan dari marketplaces adalah adanya kontak secara fisik dimana konsumen dapat mengetahui produk yang akan dibeli secara langsung, sedangkan pada marketspaces adalah tidak perlunya kontoak fisik, jadi pembeli bisa melakukan transaksi di rumah atau dimanapun asalkan memiliki akses kepada internet itu sendiri. Sedangkan keterbatasannya pada marketplaces adalah antara pembeli dan penjual harus bertemu di pasar sehingga memerlukan waktu lagi. Sedangkan pada marketspaces adalah pada beberapa produk, tampilan pada website dan aslinya kadang berbeda. Hal ini cukup merugikan penjual karena akan mengurangi kepercayaan konsumen kepada penjual.
        • Kelebihan pada marketspaces : batas geografis sudah bukan menjadi penghalang karena model bisnis ini adalah golbal buisness model. Setiap orang memiliki akses ke internet dan dapat mengambil bagian dari bisnis ini, mulai dari melakukan browsing dengan internet untuk mencari produk, harga, produsen, mendowanload perangkat lunak dan program tertentu, melakukan chatting dengan konsumen lain, mengirim email dengan produsen, pembayaran yang canggih yaitu dengan fasilitas kartu kredit,smart card, internet interface, maupun automatic ordering dsb.Biaya yang dikeluarkan konsumen cukup murah. Keterbatasan pada marketspaces: ï konsumen belum mengetahui produk aslinya karena konsumen hanya mencari via online, ï kekurangan kepercayaan baik dari vendor maupun konsumen. pihak vendor membutukan waktu yang cukup lama untuk meyakinkan konsumen bahwa transaksi benar " benar aman dilakukan.vendor tidak mengetahui secara langsung konsumennya. Ada masyarakat yang belum terbiasa dengan internet, isu hukum yang belum jelas yang asimetri antara penjual dan pembeli. Dapat melakukan compare harga dengan toko online lain
        Jika Anda lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010 fakta adalah out-of-date, bagaimana itu mempengaruhi tindakan dan keputusan Anda? Pastikan Anda tidak membiarkan penting lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010 informasi slip oleh Anda.

        4. Bandingkan harga Sony digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?

          Setelah membandingkan harga Sony Digital Camera pada 5 situs penjualan tersebut maka menurut saya harga terbaik ada pada situs bizrate.com. sebenarnya dari segi harga situs-situs ini memberikan harga yang relative tidak terlalu berbeda antara satu sama lain, karena memang kita tahu bahwa persaingannya sangat ketat sekali. Sedangkan untuk informasi produk pun semuanya mencantumkan, namun informasi terbaik yang memberikan informasi terbaik adalah shopping.com karena memberikan informasi lebih dengan range harga yang paling murah sampai yang termahal. Yang membedakan adalah pemberian rating terhadap produk tersebut yang berbeda-beda sesuai kriteria toko. Dengan harga yang cenderung sama, para retailer harus mampu memberikan nilai tambahan misalnya berupa pelayanan yang cepat untuk mampu tetap bersaing serta layanan purna jual.

          5. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-Commerce?

            Untuk konsumen luar negeri E-commerce sudah banyak digunakan dalam kegiatan jual beli, jadi trust (kepercayaan) akan pengaplikasian E-commerce pada kegiatan jual beli sudah bisa dipercaya seperti kegiatan jual beli dengan melakukan pertemuan langsung, akan tetapi untuk di Indonesia sendiri E-commerce masih tergolong baru jadi faktor kepercayaan masih banyak yang meragukan. Di Indonesia hanya kalangan tertentu yang menggunakan E-commerce dalam kegiatan jual beli. Perlu adanya kesadaran baik antara penjual maupun juga pembeli untuk membangun kesadaran untuk menggunakan serta menumbuhkan kepercayaan pada E-commerce seiring berjalannya waktu.

            Kepuasan konsumen akan tercapai jika perusahaan dapat menumbuhkan kepercayaan pada konsumen dan bergantung pada kualitas dari pelayanan yang diberikan. Kepuasan adalah satu hal terpenting dari reaksi konsumen dalam lingkungan online antara penjual dan pembeli dalam media elektronik. Dengan adanya kepuasan yang dirasakan oleh konsumen, ia akan merekomendasikan penjualan internet tersebut kepada orang lain. Bagaimana pun juga, apabila terdapat konsumen yang merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan, ia akan meninggalkan penjualan internet tersebut secara permanen. Sehingga hal ini mengarahkan bagi para online vendor agar dapat meningkatkan kualitas layanan yang dapat diberikan kepada konsumen agar ia dapat merasa puas telah menggunakan layanan E-Commerce

            Masalah loyalitas pada E-Commerce akan terbentuk dengan baik jika perusahaan memberikan layanan yang terbaik dan informasi terlengkap kepada konsumen. Loyalitas konsumen baru benar-benar bisa didapatkan jika masalah kepercayaan dan kepuasan dapat diatasi oleh perusahaan. Loyalitas konsumen juga terjadi ketika seorang konsumen berinteraksi secara terus " menerus dan intensif dengan perusahaan. Untuk itu, perusahaan harus selalu memberikan yang terbaik baik itu pelayanan via online, informasi yang lengkap sehingga konsumen tidak merasa kecewa terhadap pelayanan yang diberikan.

            6. Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce?

              Segmentasi pasar adalah sebuah proses pemisahan konsumen ke dalam beberapa kelompok untuk memimpin penelitian pasar, iklan, dan penjualan. Segmentasi pasar juga bisa diertikan sebagai proses mengkategorikan pasar konsumen ke dalam kelompok-kelompok yang logis untuk didasarkan pada riset pemasaran, pengiklanan, dan peenjualan. Dalam penarapannya pada e-commerce, segmentasi ini diperlukan agar pebisnis lebih folus pada satu segmen saja. Dam e-commerce proses segmentasi tidak dilakukan berdasarkan geografi karena internet sudah bisa melewati batas geografi. Dalam hal ini perlu diketahui berbagai hal yang termasuk pola-pola segmentasi pasar, diantaranya:

              • Preferensi homogen, menunjukkan pasar dimana semua konsumen secara kasar memiliki preferensi yang sama.
              • Preferensi tersebar, mengambil posisi ditengah-tengah sehingga menarik sebagian besar manusia.
              • Preferensi kelompok, menunjukkan kelompok preferensi berbeda-beda.
              7. Tiga situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce beserta gambaran masing-masing situs diantaranya :

                alibaba.com

                alibaba.com adalah sebuah situs yang termasuk di dalam B2B, dimana item yang dijual tidak hanya satu jenis produk saja namun berbagai macam produk ditawarkan di situs ini. Produk-produk tersebut ditawarkan berdasarkan kategorinya dan terletak di halaman depan sebelah kiri situs. Namun apabila konsumen ingin lebih cepat dalam menentukan produk mana yang akan ia beli, konsumen dapat langsung menulis nama barang tersebut pada kolom search di halaman tengah atas situs. Pada situsnya, alibaba.com juga mengadakan perdagangan yang meliputi seluruh dunia. Tampilan yang diberikan oleh situs ini mencakup informasi yang dibutuhkan oleh konsumen, seperti berita terbaru dari kegiatan perdagangan, produk-poduk apa yang hangat saat ini, website perusahaan, serta terdapat pula informasi perusahaan-perusahaan dan partner yang tergabung di dalam situs ini. Karena produk yang ditawarkan adalah diperuntukkan pula untuk pelaku bisnis, situs yang dibuat oleh negara China ini juga menampilkan partner yang mengadakan transaksi jual beli dalam jumlah besar. Dalam masalah pembayaran, alibaba.com mengajak kerja sama dengan Frima France dan CIETAC South Asia. Selain itu dari kategori produk-produk yang ditawarkan, terlihat bahwa sasaran dari alibaba.com adalah untuk konsumen dengan tingkatan lebih tinggi.

                ecrobot.com

                ecrobot.com adalah sebuah situs yang menawarkan berbagai macam sparepart yang berkaitan dengan robot. Situs ini menawarkan dalam skala besar produk-produk nya karena tujuan dari pembuatan situs ini berkaitan dengan perdagangan antar sesama pebisnis.

                Tampilannya bersifat sederhana tidak memungkinkan pengunjung yang datang hanya segelintir. Dari jumlah tawaran, produk, dan perusahaan yang tergabung didalamnya, terlihat bahwa situs ini sering dikunjungi oleh konsumen yang ingin mengadakan transaksi. Pada tampilan awalnya, situs ini hanya menggunakan Google sebagai iklan, selebihnya hanyalah produk dari perusahaan. Sehingga situs ini termasuk dalam kategori specialisasi.

                asiatrade.com

                asiatrade.com adalah sebuah situs yang menawarkan sebuah perjalanan berlibur tidak hanya di negara Asia saja, namun juga negara Amerika, Eropa, serta Australia. Situs tersebut tentu terdengar menarik. Namun yang disayangkan adalah pada tampilan awal situs yang bersifat sederhana. Iklan yang mendukung situs ini pun hanyalah hotelhub.com yang terletak di Singapura. Situs ini tidak menampilkan kelebihan apa yang dimilikinya, ataupun perjalanan yang sering dilakukan oleh konsumen yang telah menggunakan jasa situs ini.

                Namun apabila konsumen masuk ke halaman selanjutnya, akan kemana ia akan berlibur (misalnya dengan mengklik Indonesia-Bali), maka ia akan menemukan informasi-informasi yang diperlukan, seperti tiket penerbangan, paket tour, contact us, serta info perusahaan. Selain itu pada halaman tengahnya juga tersedia kolom search untuk mencari info mengenai nilai kurs terbaru, hotel, lokasi tujuan, serta tampilan gambar panorama keindahan pulau Bali berserta harganya. Sehingga dari informasi yangg tersedia, dapat meyakinkan konsumen untuk mencoba menggunkan jasa layanan situs ini.

                Ketika kabar tersiar tentang perintah dari lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010 fakta, orang lain yang perlu Anda ketahui tentang lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010 akan mulai untuk secara aktif mencari Anda.

                Tidak ada komentar:

                Posting Komentar